Contoh Analisi SWOT Situs E-Commerce Dalam Negeri dan Luar Negeri
I.
BUKALAPAK ( Lokal )
Bukalapak merupakan
salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia. Seperti halnya situs
layanan jual-beli menyediakan sarana jual-beli dari konsumen ke konsumen. Siapa
pun dapat membuka toko online di Bukalapak dan melayani pembeli dari seluruh
Indonesia untuk transaksi satuan maupun banyak.
Sistem yang
berjalan di BukaLapak.com. adalah dengan
metode Payment System. Payment System yaitu metode transaksi mirip rekening
bersama tradisional; penjual menerima dana pembayaran setelah pembeli terima
barang sehingga jika penjual tidak mengirim barang, dana pembeli tetap aman dan
dapat dikembalikan 100%.
1.
Mudah di akses dari Web maupun mobile
2.
Mudahnya pencarian barang karena banyaknya penjual
3.
Sering adanya discount bagi pembeli tetapi tidak
meruggikan penjual
4.
Adanya Sistem Payment Sistem
Weakness
(Kelemahan):
1.
Apabila ada customer yang memberika feedback
negative akan berpengaruh pada reputasi penjual
2.
Karena Sistem Payment Uang yang seharusnya langsung
ke penjual ke tahan di rekening BukaLapak sehingga perputaran uang untuk
penjual sedikit lama
Opportuity
(Peluang):
1.
Membuat inovasi dan diskon pada hari tertentu
2.
Bisa menjangkau seluruh indonesia
3.
Banyaknya penjual yang dapat menjaual barang nya
Threats
(Ancamam)
1.
Persaingan dengan situs jual beli lain yang hampir
sama
2.
Apabila tidak ada program dan inovasi akan
tertinggal oleh situs jual beli yang lain
II. eBay
( luar Negeri )
eBay adalah pasar
online internasional dengan basis pelanggan global 233 juta. Ini adalah bisnis
multibillion yang beroperasi di 37 negara. Ada jutaan item yang terdaftar di
eBay di ribuan kategori, termasuk barang antik, mainan, buku, komputer,
olahraga dan elektronik, di antara banyak lainnya.
Analisis
SWOT eBay
Kekuatan
1.
Pasar internet terbesar di dunia. eBay
memiliki lebih dari 150 juta cantuman langsung dan lebih dari 105 juta pengguna
aktif secara global di 37 negara. Itu membuat eBay menjadi pasar online
terbesar, memiliki kekuatan besar dibandingkan pengecer online lainnya.
2.
Model bisnis. eBay hanya bertindak
sebagai perantara antara penjual dan pembeli, yang menawar dan menjual barang
di pasar eBay. Menjadi pelopor dalam lelang online, eBay tidak memiliki
persaingan dan saat ini hanya memiliki beberapa pesaing langsung yang kuat.
Dengan demikian, model bisnis perusahaan adalah keunggulan kompetitif
dibandingkan pengecer raksasa seperti Amazon.
3.
Skala ekonomi. Pada awalnya, eBay harus
banyak berinvestasi untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan manajemen
hubungan (CRM) TI dan pelanggan, tetapi sejak itu, menggunakan keterampilannya
untuk melayani lebih dari 100 juta pengguna dan untuk menciptakan pasar online
terbesar dengan sedikit biaya tambahan.
4.
Lokalisasi. Bisnis ini beroperasi di 37
negara. Setiap pasar menggunakan bahasa lokal dan disesuaikan dengan penawaran
produk lokal. Tidak ada pasar online global lainnya yang dilokalkan ke tingkat
tersebut.
5.
Sistem pembayaran. eBay menggunakan
PayPal, sistem pembayarannya sendiri, untuk melanjutkan hampir semua pembayaran
dari pasar eBay. Dari perspektif eBay, integrasi ketat seperti itu memiliki
manfaat dari biaya yang dikumpulkan lebih banyak (PayPal mengambil biaya
transaksi dari bisnis) dan kontrol yang lebih ketat atas pengalaman berbelanja
pembeli. Dari perspektif pembeli, PayPal menyediakan metode pembayaran online
yang mudah digunakan.
6.
Reputasi merek. eBay adalah merek yang
dapat dipercaya, dikenal di seluruh dunia dan bernilai $ 11 miliar.
Kelemahan
1.
Biaya tinggi. Biaya eBay untuk penjual
telah meningkat secara signifikan selama bertahun-tahun. Perusahaan menerima
biaya atas barang-barang yang terdaftar, barang yang dijual, beberapa biaya
perhiasan dan biaya transaksi PayPal. Penjual sering membuat keuntungan nol
pada produk harga rendah yang dijual di eBay karena biaya tinggi.
2.
Tidak ada strategi pertumbuhan lebih
lanjut. eBay belum mengumumkan rencana apa pun tentang bagaimana bisnis akan
mempertahankan pertumbuhannya. Tim manajemen puncak perusahaan tidak yakin
apakah eBay harus menjadi pengecer atau untuk memperkenalkan produk dan layanan
baru dan bagaimana melakukannya: mengembangkan produknya sendiri atau
mendapatkan bisnis baru. Akibatnya, ada ketidakpastian yang tinggi atas masa
depan dan arah bisnis eBay.
Peluang
1.
Menumbuhkan jumlah pembeli seluler. eBay
memiliki sistem pembayaran yang kuat PayPal yang diterima secara luas dan
digunakan oleh banyak pengecer online dan pembeli online karena nyaman dan
mudah digunakan. Peningkatan jumlah pembeli seluler menunjukkan peluang
pertumbuhan yang besar bagi PayPal sebagai salah satu dari beberapa sistem
pembayaran yang memenuhi persyaratan untuk belanja dan pemrosesan pembayaran
yang nyaman di perjalanan.
2.
Menjadi pengecer. eBay memiliki akses ke
pasar online terbesar di dunia dan ditempatkan dengan baik untuk mengambil
keuntungan dari itu dengan menjadi pengecer. Perusahaan telah memiliki sistem
TI dan CRM yang sudah ada dan dapat dengan mudah menemukan pangsa pasar dari
Amazon dan pengecer online lainnya.
3.
Meningkatkan portofolio layanan melalui
akuisisi. Perusahaan telah berhasil mengakuisisi banyak perusahaan untuk
memperluas penawaran layanannya dan harus terus menambahkan layanan baru
melalui merger dan akuisisi.
4.
Buka lebih banyak toko daring di negara
lain. Untuk mempertahankan tingkat pertumbuhan saat ini, eBay dapat membuka
pasar online di negara-negara besar dan berkembang lainnya di Asia dan Eropa.
Ancaman
1.
Keamanan online. PayPal menyimpan
informasi pribadi pembeli online, seperti detail rekening bank, yang merupakan
target pencurian daring. Semakin banyak pelanggan online PayPal, semakin
menarik sebagai target untuk pencurian identitas.
2.
Pengecer online murah di tingkat
regional. Pengecer online murah di tingkat regional dapat mengeluarkan eBay
pada pengiriman yang lebih cepat dan lebih murah, penawaran produk yang lebih
lokal dan pengetahuan yang lebih baik tentang pasar rumah.
3.
Meningkatkan persaingan dari Amazon.
Kehadiran online Amazon telah meningkat secara signifikan dan sekarang pasar
Amazon hanya di belakang eBay.
4.
Nilai tukar. eBay menerima sebagian dari
pendapatannya dari operasi luar negeri. Keuntungan yang dikirim kembali ke AS
harus diubah menjadi dolar dan mungkin dipengaruhi oleh nilai tukar, terutama
ketika dolar menguat terhadap mata uang lainnya.
Comments
Post a Comment