Contoh Analisi SWOT Situs E-Commerce Dalam Negeri dan Luar Negeri



I.                    BUKALAPAK ( Lokal )


Bukalapak merupakan salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia. Seperti halnya situs layanan jual-beli menyediakan sarana jual-beli dari konsumen ke konsumen. Siapa pun dapat membuka toko online di Bukalapak dan melayani pembeli dari seluruh Indonesia untuk transaksi satuan maupun banyak.
Sistem yang berjalan di BukaLapak.com. adalah dengan metode Payment System. Payment System yaitu metode transaksi mirip rekening bersama tradisional; penjual menerima dana pembayaran setelah pembeli terima barang sehingga jika penjual tidak mengirim barang, dana pembeli tetap aman dan dapat dikembalikan 100%.

Analisis SWOT pada 
BukaLapak.com

Strengh (Kekuatan)
1.                  Mudah di akses dari Web maupun mobile
2.                  Mudahnya pencarian barang karena banyaknya penjual
3.                  Sering adanya discount bagi pembeli tetapi tidak meruggikan penjual
4.                  Adanya Sistem Payment Sistem


Weakness (Kelemahan):
1.                  Apabila ada customer yang memberika feedback negative akan berpengaruh pada reputasi penjual
2.                  Karena Sistem Payment Uang yang seharusnya langsung ke penjual ke tahan di rekening BukaLapak sehingga perputaran uang untuk penjual sedikit lama



Opportuity (Peluang):
1.                  Membuat inovasi dan diskon pada hari tertentu
2.                  Bisa menjangkau seluruh indonesia
3.                  Banyaknya penjual yang dapat menjaual barang nya


Threats (Ancamam)
1.                  Persaingan dengan situs jual beli lain yang hampir sama
2.                  Apabila tidak ada program dan inovasi akan tertinggal oleh situs jual beli yang lain
                                 

II.       eBay ( luar Negeri )


eBay adalah pasar online internasional dengan basis pelanggan global 233 juta. Ini adalah bisnis multibillion yang beroperasi di 37 negara. Ada jutaan item yang terdaftar di eBay di ribuan kategori, termasuk barang antik, mainan, buku, komputer, olahraga dan elektronik, di antara banyak lainnya.

Analisis SWOT eBay

Kekuatan

1.      Pasar internet terbesar di dunia. eBay memiliki lebih dari 150 juta cantuman langsung dan lebih dari 105 juta pengguna aktif secara global di 37 negara. Itu membuat eBay menjadi pasar online terbesar, memiliki kekuatan besar dibandingkan pengecer online lainnya.
2.      Model bisnis. eBay hanya bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli, yang menawar dan menjual barang di pasar eBay. Menjadi pelopor dalam lelang online, eBay tidak memiliki persaingan dan saat ini hanya memiliki beberapa pesaing langsung yang kuat. Dengan demikian, model bisnis perusahaan adalah keunggulan kompetitif dibandingkan pengecer raksasa seperti Amazon.
3.      Skala ekonomi. Pada awalnya, eBay harus banyak berinvestasi untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan manajemen hubungan (CRM) TI dan pelanggan, tetapi sejak itu, menggunakan keterampilannya untuk melayani lebih dari 100 juta pengguna dan untuk menciptakan pasar online terbesar dengan sedikit biaya tambahan.
4.      Lokalisasi. Bisnis ini beroperasi di 37 negara. Setiap pasar menggunakan bahasa lokal dan disesuaikan dengan penawaran produk lokal. Tidak ada pasar online global lainnya yang dilokalkan ke tingkat tersebut.
5.      Sistem pembayaran. eBay menggunakan PayPal, sistem pembayarannya sendiri, untuk melanjutkan hampir semua pembayaran dari pasar eBay. Dari perspektif eBay, integrasi ketat seperti itu memiliki manfaat dari biaya yang dikumpulkan lebih banyak (PayPal mengambil biaya transaksi dari bisnis) dan kontrol yang lebih ketat atas pengalaman berbelanja pembeli. Dari perspektif pembeli, PayPal menyediakan metode pembayaran online yang mudah digunakan.
6.      Reputasi merek. eBay adalah merek yang dapat dipercaya, dikenal di seluruh dunia dan bernilai $ 11 miliar.

Kelemahan

1.      Biaya tinggi. Biaya eBay untuk penjual telah meningkat secara signifikan selama bertahun-tahun. Perusahaan menerima biaya atas barang-barang yang terdaftar, barang yang dijual, beberapa biaya perhiasan dan biaya transaksi PayPal. Penjual sering membuat keuntungan nol pada produk harga rendah yang dijual di eBay karena biaya tinggi.
2.      Tidak ada strategi pertumbuhan lebih lanjut. eBay belum mengumumkan rencana apa pun tentang bagaimana bisnis akan mempertahankan pertumbuhannya. Tim manajemen puncak perusahaan tidak yakin apakah eBay harus menjadi pengecer atau untuk memperkenalkan produk dan layanan baru dan bagaimana melakukannya: mengembangkan produknya sendiri atau mendapatkan bisnis baru. Akibatnya, ada ketidakpastian yang tinggi atas masa depan dan arah bisnis eBay.

Peluang

1.      Menumbuhkan jumlah pembeli seluler. eBay memiliki sistem pembayaran yang kuat PayPal yang diterima secara luas dan digunakan oleh banyak pengecer online dan pembeli online karena nyaman dan mudah digunakan. Peningkatan jumlah pembeli seluler menunjukkan peluang pertumbuhan yang besar bagi PayPal sebagai salah satu dari beberapa sistem pembayaran yang memenuhi persyaratan untuk belanja dan pemrosesan pembayaran yang nyaman di perjalanan.
2.      Menjadi pengecer. eBay memiliki akses ke pasar online terbesar di dunia dan ditempatkan dengan baik untuk mengambil keuntungan dari itu dengan menjadi pengecer. Perusahaan telah memiliki sistem TI dan CRM yang sudah ada dan dapat dengan mudah menemukan pangsa pasar dari Amazon dan pengecer online lainnya.
3.      Meningkatkan portofolio layanan melalui akuisisi. Perusahaan telah berhasil mengakuisisi banyak perusahaan untuk memperluas penawaran layanannya dan harus terus menambahkan layanan baru melalui merger dan akuisisi.
4.      Buka lebih banyak toko daring di negara lain. Untuk mempertahankan tingkat pertumbuhan saat ini, eBay dapat membuka pasar online di negara-negara besar dan berkembang lainnya di Asia dan Eropa.

Ancaman

1.      Keamanan online. PayPal menyimpan informasi pribadi pembeli online, seperti detail rekening bank, yang merupakan target pencurian daring. Semakin banyak pelanggan online PayPal, semakin menarik sebagai target untuk pencurian identitas.
2.      Pengecer online murah di tingkat regional. Pengecer online murah di tingkat regional dapat mengeluarkan eBay pada pengiriman yang lebih cepat dan lebih murah, penawaran produk yang lebih lokal dan pengetahuan yang lebih baik tentang pasar rumah.
3.      Meningkatkan persaingan dari Amazon. Kehadiran online Amazon telah meningkat secara signifikan dan sekarang pasar Amazon hanya di belakang eBay.
4.      Nilai tukar. eBay menerima sebagian dari pendapatannya dari operasi luar negeri. Keuntungan yang dikirim kembali ke AS harus diubah menjadi dolar dan mungkin dipengaruhi oleh nilai tukar, terutama ketika dolar menguat terhadap mata uang lainnya.

Comments